Selasa, 10 Januari 2012

Kemenkop Tawari Koperasi Gunakan Sram/Ritel UKM Mart


Untuk menggapai koperasi yang lebih baik dan lebih maju, berbagai pendapat pun ditujukan termasuk salah satunya yaitu dengan menggunakan brand “lain”. Sebagai buktinya Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menawarkan koperasi yang potensial untuk menggunakan brand toko ritel mandiri bernama UKMMart. Brand UKM Mart baru telah diluncurkan pada November 2011 kemarin. Diharapkan akan menjadi solusi bagi persoalan dikotomi antara ritel modern dengan ritel tradisional. Supaya dengan brand yang baru ini, koperasi dapat lebih dikenal lagi dan bisa lebih dipandang lagi serta bisa lebih dimanfaatkan lagi oleh masyarakat sekitar.

Kemenkop pun terus berupaya mendorong anggota koperasi untuk mengembangkan kualitas produknya agar bisa masuk ke jaringan toko ritel modern. Oleh karena itu, pihaknya mengembangkan brand secara mandiri bernama UKM Mart dengan tag line "Toko Koperasi Kita". Untuk saat ini, sudah ada pihak yang mendistribusikan brand ini kepada 84 warung serba ada (waserda) koperasi di 22 provinsi sebagai proyek uji coba.

Dengan menggunakan brand UKM Mart, maka waserda koperasi mendapatkan fasilitas pelatihan manajemen yang lebih baik. Pemerintah akan membantu Rp 65 juta per toko koperasi untuk keperluan pelatihan manajemen hingga peralatan yang dibutuhkan agar memenuhi standar UKM Mart. Tahun2011 kemarin sudah dialokasikan Rp 5,5 miliar untuk mendorong pengembangan UKM Mart yang tersebar di 22 provinsi. 

Sumber : Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar