Jumat, 25 November 2011

Koperasi simpan pinjam kian strategis


Mungkin selama ini kita tidak menyadari akan betapa besarnya peran koperasi Indonesia di wilayah sekitarnya, bahkan mungkin kita tidak tahu bahwa sudah cukup banyak koperasi yang ada di Indonesia dan kian hari banyak koperasi juga yang makin eksis. Maka dari itu peran koperasi ini yaitu koperasi simpan pinjam dan koperasi jasa keuangan telah dinilai strategis memberi kesempatan luas bagi masyarakat menjalankan aktivitas ekonominya. Bahkan ternyata  sejauh ini tercatat sudah terdapat 71.365 unit koperasi simpan pinjam (KSP) dan koperasi jasa keuangan (KJK) yang beroperasi di berbagai daerah.  
Memang jika dilihat dari sudut strategi pembangunan Indonesia pemerintah ingin mewujudkan masyarakat sejahtera merata di seluruh daerah dengan harus bisa memberi kesempatan luas kepada masyarakat menjalankan aktivitas ekonominya.


Sejauh ini jumlah keseluruhan koperasi di Indonesia yang tercatat 186.907 unit, secara de facto sudah masuk kelompok tiga besar Asia Tenggara. Namun sungguh disayangkan karena diantara koperasi tersebut belum ada yang mampu menembus peringkat 300 besar dunia.
Untuk itu perlu strategi khusus agar bisa mengikuti jejak koperasi dari Asia yang telah masuk 300 besar dunia sekitar 6 tahun lalu seperti Koperasi NTUC Singapura, Korea National Agriculture Cooperative Federation ataupun Koperasi Zen-Non Jepang.


Dan berikut akan dijelaskan mengenai Koperasi Simpan Punjam terbaik saat ini, dari delapan KSP ( Koperasi Simpan Pinjam ) yang diberi penghargaan dalam ajang KSP/KJK Award 2011, dua di antaranya merupakan koperasi terbaik pertama dan kedua yakni Koperasi Simpan Pinjam Jasa Pekalongan dan Koperasi Simpan Pinjam Nasari Semarang.
Predikat terbaik itu didapat setelah kedua KSP asal Jawa Tengah tersebut merebut dua dari 10 kategori penghargaan yang dinilai Kospin Jasa tercatat paling luas jangkauan pelayanan dan paling baik sistem informasi laporan keuangannya.

Adapun KSP Nasari memenangi kategori paling cepat pertumbuhan asetnya serta memiliki struktur organisasi usaha paling dinamis sesuai dengan fungsinya sebagai lembaga intermediasi.
Penghargaan khusus sebagai koperasi favorit diberikan kepada Koperasi Sejahtera Bersama Bogor yang dinilai berhasil mengembangkan usaha saling terkait dan mendukung.
Enam kategori lain bagi KSP/ KJK atau didapat KSP Artha Mulia Semarang sebagai paling tertib melakukan pencatatan keanggotaan.

Sumber : Bisnis Indonesia

Depkop.go.id

2 komentar: