Sabtu, 26 November 2011

2.700 Koperasi modern disiapkan


Berikut merupakan sedikit artikel di mana merupakan lanjutan dari “50000 koperasi ditergetkan on-line” J Provinsi Jawa Barat menyiapkan 2.700 unit koperasi untuk menjadi koperasi modern unggulan pada tahun 2014 nanti melalui program modernisasi manajemen, pengelola dan teknologi perkoperasian. Wakil Ketua Umum Kadin Jabar bidang Koperasi, UMKM dan Kemitraan Iwan Gunawan mengemukakan saat ini jumlah koperasi yang aktif di Jabar mencapai 9.000 unit dari 22.000 unit koperasi yang tercatat.

Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan hingga 2014 akan menghadirkan sekitar 50.000 unit koperasi kategori modem atau yang sudah melengkapi operasionalnya dengan pemanfaatan teknologi dan informasi (TI).
Kementerian mengklasifikasi koperasi modem adalah koperasi yang menerapkan sistem operasional secara online, sistem data yang terkait dengan anggota, transparan dan informasi mengenai perkoperasian harus bisa diakses melalui koneksi internet.

Modernisasi koperasi baru bisa dikategorikan sukses jika pelaku koperasi sudah mampu berpiki rmodem, sehingga TI dijadikan sebagai sarana pendukung bisnis, bukan hanya alat agar dikatakan sebagai koperasi modem.
Saat ini, koperasi modem di Jabar baru sekitar 5% dari jumlah koperasi aktif. Kementerian Koperasi dan UKM menekankan penilaian paling penting bagi koperasi modem adalah sudah tersistem secara online dengan anggotanya, sedangkan manfaat bagi koperasi yang menerima predikat tersebut, makin mendapat kepercayaan dari anggota maupun masyarakat umum.

Dan ternyata sudah sejauh ini Kementerian mencatat 623 koperasi sudah memanfaatkan jaringan online dengan 90% merupakan koperasi simpan pinjam, sisanya koperasi primer.


Sumber : Bisnis Indonesia
Depkop.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar