Sabtu, 09 Oktober 2010

Tugas 2

1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktifitas ekonomi?

    Manusia hidup untuk saling melengkapi
    >> Jadi, untuk memenuhi kebutuhan manusia satu sama lain itu dulunya dilakukan dengan cara barter. Di mana barter itu artinya terjadi pertukaran barang. Tapi karena jaman sekarang sudah modern maka tidak ada lagi barter, melainkan jual beli barang dan jasa menggunakan uang.
   Manusia selalu memiliki keiginan dan kebutuhan yang tidak terbatas
   >> Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas itu pun dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada ataupun dapat mengandalkan sumber daya manusia yang di mana sebagai tenaga kerja berfungsi untuk menjual atau menawarkan barang dan jasa kepada konsumen.
   Alat pemuas kebutuhan manusia terbatas
   >> Karena manusia pada dasarnya selalu memiliki banyak keinginan bahkan keinginan tersebut tidak terbatas jumlahnya. Oleh sebab itu, muncul aktifitas ekonomi di mana terjadinya pasar yaitu jual beli barang dan jasa agar dapat saling memenuhi kebutuhan masing-masing. Tetapi dari setiap orang juga harus memilki sikap rasional agar dalam aktifitas ekonomi tersebut kerugian tidak terjadi.


2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial. Jelaskan?

   Perusahaan :
   >> Tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi
  >> Terdiri dari 5 unsur penting. Yaitu, organisasi, produksi, sumber ekonomi, kebutuhan konsumen dan perolehan laba atau keuntungan.
  >> Terdiri dari beberapa faktor yaitu, jumlah modal yang dimiliki oleh para pendiri, jenis usaha yang dijalankan, sistem pengawasan perusahaan dan cara pembagian keuntungan perusahaan.

  Lembaga sosial :
  >> Merupakan satu jenis lembaga yang mengatur rangakaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.
  >> Berfungsi untuk memberikan pedoman kepada anggota masyarakat tentang sikap dalam mengahadapi masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok, menjaga keutuhan dari masyarakat, sebagai paduan masyarakat dalam mengawasi tingkah laku anggotanya.
  >> Mempunyai ciri yang terdiri dari setiap lembaga sosial bertujuan memenuhi kebutuhan khusus masayarakat, setiap lembaga sosial mempunyai nilai pokok yang bersumber dari anggotanya , dalam lembaga sosial ada pola-pola perilaku permanen menjadi bagian tradisi kebuadayaan yang ada dan ini disadari anggotanya dan ada saling ketergantungan antarlembaga sosial di masayarakat, perubahan lembaga sosial satu berakibat pada perubahan lembaga sosial yang lain.

3. Apa saja faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan?
    >> Letak perusahaan terkait pada alam
          = Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia . Misalnya : usaha pertanian dan pertambangan.
   >> Letak perusahaan berdasarkan sejarah
         = Letak perusahaan ini hanya dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu. Misalkan kerajinan batik di daerah Surakarta dan Jogjakarta. Hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam kraton.
   >> Letak perusahaan yang ditentukan pemerintah
         = Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan di mana perusahaan menjalankan aktifitasnya. Hal ini agar masyarakat di sekitar lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahaan itu.
   >> Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh letak-letak ekonomi
         = Pada umumunya jenis perusahaan ini bersifat industri. Di sini ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan, yaitu dekat dengan bahan baku, dekat dengan pasar, dekat dengan pemasok kerja , dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi, iklim, ongkos transport, dan besarnya suplai modal.


4. Tunjukkan antara perbedaan lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha. (jelaskan dengan contoh)
    >> Lingkungan eksternal makro :
          = Dalam kontrol perusahaan
          = Sangat berhubungan dengan proses jual dan beli barang
          = Berhubungan dengan bagaimana perusahaan inimendapatkan bahan mentah untuk diolah kembali
          = Bertugas dalam menyesuaikan barang yang akan dijual dengan selera konsumen
          = Perusahaan tidak dapat langsung bebas jika perusahaan bellum dipengaruhi oleh lingkungan eksternal mikro

     >> Lingkungan eksternal mikro :
           = Di luar kontrol perusahaan
           = Berhubungan dengan perusahaan disertai kebijakan moneternya sebagai perantara atau mengatur perusahaan yang ada
           = Sangat dipengaruhi oleh sumber daya alam yang tersedia
           = Bertugas untuk mengatur teknologi produksi agar barang yang diproduksi dapat terjual dengan kualitas yang baik
           = Selalu berperan setelah perusahaan sudah dipengaruhi oleh adanya lingkungan eksternal mikro

Nama : Purba Claudia Angraeni
NPM : 25210418
Kelas : 1EB03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar