1. Sejarah Singkat MYOB
MYOB
merupakan program computer akuntansi (accounting
software),MYOB dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan
yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai
perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (business management
systems) yang powerful, mudah dan terjangkau.
Banyak
penghargaan diterima oleh jajaran produk MYOB sejak tahun1991 sampai sekarang.
Sukses
ini kemudian berkembang ke seluruh dunia,MYOB pada tahun itu juga memenangkan MacWorld
Award untuk kategori Best Accounting Software dan kategori Best Newcomer
Software.
Tahun 1996,
MYOB Inc., terus berkembang dan bergerak dibawah payung MYOB
Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang untuk meng-cover pemasaran MYOB
di seluruh dunia, yaitu MYOB US, Inc., MYOB Canada
Inc., MYOB Australia Pty Ltd., MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd. dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan
munculnya versi khusus negara lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama dia
Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong dan Asia-International, dan
sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang tersedia.
MYOB Accounting versi 15.0 dan Premier
versi 9.0 merupakan
program yang sudah di operasionalkan oleh para pengolah data-data keuangan.
Dengan adanya MYOB Accounting rilis yang baru versi 17.0menjadi
mempermudah dalam penyajian laporan keuangan, khususnya dalam lingkup
Accounting Financial (akuntansi keuangan). Namun untuk pembahasan ini lebih
memfokuskan pada MYOB Accounting versi 15.0. Berdasarkan komparatif secara fisik
terlihat perbedaan antara MYOB Accounting versi 15.0 dengan versi Premier 9.0.
·
MYOB Accounting versi 15.0 digunakan untuk
kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan satu sistem
mata uang (single currency). Ex, rupiah. Kegiatan administrasinya pun hanya
menggunakan satu komputer saja.
·
MYOB Premier 9.0 digunakan untuk
kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan berbagai mata
uang (multi currency). Ex, IDR dan U$$. Kegiatan administrasinya biasanya
melibatkan banyak komputer yang berhubungan satu sama lain (integrated
networking).
Dengan
berkembangnya informasi keuangan yang bersifat urgent. Sehingga diperlukan
suatu instrument pengolahan data-data keuangan menjadi informasi keuangan yang
bersifat final. MYOB sebagai software yang mampu mengolah setiap input data
menjadi output informasi secara cepat. Namun perlu diketahui bahwa MYOB dibuat
untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan. Menutup kemungkinan bahwa
software MYOB bisa dioperasionalisasikan untuk membuat laporan keuangan seperti
yang lazim dalam Accounting Based (Akuntansi Dasar).
2. Kegunaan MYOB dlm
keg.adm perusahaan
Berikut kegunaan
MYOB dalam kegiatan administrasi perusahaan:
·
Alat
bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
·
Menghemat
waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan
·
Mengerti
lebih dalam bisnis
·
membantu
kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable),
hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan
banyak lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.
·
Mengelola
barang dagangan
·
Untuk
memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan,dll
3. Peranan MYOB dlm
siklus akuntansi perusahaan jasa
·
Sebagai
alat komunikasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses
implimentasi dalam pengoperasian MYOB
·
Sebagai
alat untuk mempermudahkan kita untuk mencatat transaksi dalam perusahaan jasa
4. Fungsi &
fasilitas MYOB
Dalam aplikasinya
(Applied) MYOB mempunyai berbagai fungsi dan fasilitas-fasilitas (fitur).
Seperti dalam baris menu yang terdiri dari delapan kelompok menu pilihan untuk
mengakses perintah, sub menu dan kotak dialog: File, Edit, Lists, Command
Centres, Setup, Reports, Window, dan Help.
Sedangkan pada
Modul Command Centre terdiri dari delapan modul, yang merupakan pembagian dari
kegiatan akuntansi, meliputi: Accounts, Banking, Sales, Time Billing,
Purchases, Payroll, Inventory, dan Card File. Dalam pengelompokan akun, MYOB
sedikit berbeda dengan teori akuntansi. Hal ini untuk efisiensi dan kemudahan
penggunaan saja. Jumlah Digit Akun: Akun (Accounts) dalam MYOB terdiri dari 5
digit (X.XXXX). dan untuk tipe Akun (Account Type) MYOB membagi 8 kelompok
akun, yaitu: Assets (kelompok aktiva), Liability (kelompok kewajiban), Equity
(kelompok ekuitas), Income (kelompok Penghasilan/Penjualan), Cost Of Sales
(kelompok harga pokok penjualan), Expense (kelompok beban), Other Income
(kelompok penghasilan lain-lain), Other Expense (kelompok beban lain-lain).
Dalam hal penentuan tipe header dan detail, header digunakan untuk setiap akun
yang masih memiliki akun anak, biasanya untuk jenis akun kelompok, sedangkan
Detail digunakan untuk setiap akun yang tidak memiliki akun anak lagi; biasanya
untuk akun subkelompok. Dalam hal ini setiap akun detail harus disesuaikan
(mengatur level akun) berdasarkan header masing-masing kelompok dengan
menggunakan UP; untuk menggeser akun ke kiri dan Down; untuk menggeser akun ke
kanan.
Dalam tahapan
pembuatan data baru, setiap user (pengguna) dihadapkan pada tiga pilihan pada
bagian Accounts List: 1. I would like to start with one of the lists provided
by MYOB Accounting (menggunakan akun-akun yang sudah disediakan oleh MYOB), 2.
I Would like to import a list of accounts provided by my accountant after I’m
done creating my company file (menggunakan akun-akun yang sebelumnya di buat di
Ms. Excel untuk kemudian di import dalam MYOB system), 3. I would like to build
by my own accounts list once I begin using MYOB (menggunakan sebagian dari akun
MYOB dan selanjutnya membuat akun-akun sendiri-sesuai dengan kebutuhan
recording). Ketika dalam kondisi memilih import maka user tersebut diharuskan
mengimport akun-akun yang sudah di format dalam bentuk Text (Tab delimited) di
Ms. Excel (lebih detailnya lihat pada penjelasan materi Import yang lalu). Begitu
pula pada saat penggunaan linked accounts (akun yang terhubung dengan akun
lain): Pada posisi Accounts & Banking Accounts (akun buku besar dank as/
bank), Sales Linked Accounts (akun-akun yang terkait dalam penjualan),
Purchases Linked Accounts (akun-akun yang terkait dalam transaksi pembelian,
Payroll Linked Accounts (berkaitan dengan penggajian). Untuk mengisi daftar
relasi menggunakan Card File, yang terdiri dari bagian Customer (pelanggan),
Supplier (pemasok), Employee (karyawan), dan Personal (individu)-untuk
penjelasan detailnya lihat catatan yang lalu.
Bukti Transaksi
& Entri Data, menggunakan modul Banking, khusus mencatat transaksi
penerimaan dan pengeluaran kas bank-untuk penjelasan detailnya lihat catatan
yang lalu. Dalam tahapan penginputan setiap bukti transaksi keuangan perlu
diklasifikasikan terlebih dahulu. Berdasarkan sistem dan prosedur penerimaan
kas (receive money) berbeda dengan berdasrkan sistem dan prosedur pengeluaran
kas (spend money). Bukti transaksi pada hakekatnya sebagai dasar dalam
pengolahan untuk dijadikan informasi keuangan. Ketika terjadi suatu pengeluaran
tanpa dilandasi dengan adanya bukti pengeluaran maka bisa terjadi kesalahan
interpretasi. Bukti transaksi juga sebagai catatan historis yang menunjukan
spesifikasi kegiatan beserta jumlah nominal yang tertera.
MYOB Accounting
Software memudahkan anda dalam mendesign accounting process sesuai dengan
kehendak anda sehingga lebih mudah digunakan ketika mencari informasi tentang
bisnis anda. Dengan MYOB Accounting’s powerful inventory management system,
anda akan dapat dengan mudah mengetahui secara tepat jumlah stock jumlah
pemesanan dan berapa yang sudah komit (committed).
MYOB Accounting
Software dapat melakukan analisa atas bisnis anda dengan lebih dari 160
cara,sehingga banyak orang yang menggunakan software ini
Lebih mudah membuat
keputusan dalam bisnis jika anda mempunyai informasi yang tepat dan sangat
detail:
- Lebih dari 160
laporan dan chart
- Nilai Profit
& Loss dan Balance Sheet terbaru
- Membuat laporan
yang menyeluruh kemudian rubah menjadi Microsoft Excel file untuk melakukan
analisa lebih dalam.
- Email atau save
semua laporan ke disk untuk accountant anda
- Gunakan Company
Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan
integrasi informasi pada bisnis anda,dll
sumber : http://hadipurnama.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar