Rabu, 05 Januari 2011

Tugas 9

a. Product Life Circle ( Siklus Kehidupan Produk)

                                                                                          Leader  product
                        I               II               III                     IV

 



I. Perkenalan (introduction) :
- Penjualan lambat = di mana produk ini baru saja diproduksi, maka dalam tahap pertama ini penjualan masih dilakukan secara perlahan-lahan atau lambat.
- Promosi besar = supaya para konsumen tahu akan adanya produk ini, maka produk besar-besaran pun dilakukan, entah itu secara langsung atau secara tidak langsung ( melalui perantara).
- Belum ada laba = demi konsumen agar mau dan tertarik akan produk baru ini, maka produsen pun berani menanggung resiko dengan menjual produk ini dengan harga yang sangat miring dan produsen pun rela tidak mendapatkan laba dalam tahap perkenalan ini.

II. Pertumbuhan ( growth) :
- Laba = dalam tahap pertumbuhan ini di mana produk tersebut sudah cukup dikenal oleh banyak orang, maka produsen pun dapat menaikkan harganya sedikit supaya bisa mendapatkan laba.
- Produk diterima di pasar = walaupun harga sudah dinaikkan sedikit, tetapi karena memang sudah banyak konsumen yang tertarik akan produk ini, maka lambat laun produk ini pun dapat diterima di pasar dengan lancar.

III. Kematangan ( maturity ) :
- Penjualan naik = di tahap inilah penjualan suatu produk mengalami peningkatan yang sangat pesat, karena selain sudah dikenal banyak orang, produk ini pun ternyata diminati banyak konsumen entah itu oleh pelanggan tetap atau konsumen biasa.
- Laba naik = selain penjualannya yang naik, maka laba pun ikut naik karena di tahap ini memang produk ini sudah mengalami kematangan, sehingga produsen pun tidak segan-segan untuk menaikkan labanya.
- Promosi naik = dan promosi pun ikut naik sebab banyak konsumen yang mungkin sangat senang akan produk ini, maka saat promosi semakin banyak saja konsumen yang semakin tertarik akan produk ini.
- Diversifikasi produk = upaya yang dilakukan produsen untuk memasarkan beberapa produk yang sejenis dengan produk yang sudah dipasarkan sebelumnya, supaya produk semakin mengalami kematangan.

IV. Keusangan ( decline) = penurunan :
- Laba turun = karena mungkin sudah banyak produk-produk lain yang sejenis dengan produk ini, maka konsumen pun mulai bosan dan produk ini pun mengalami penurunan sehingga laba pun ikut turun.
- Penjualan turun = dari laba yang ikut turun, penjualan pun ikiut menurun karena penjualan tidak selaku keras sperti di tahap kematangan.
- Pailit = akhirnya karena laba dan penjualan turun, gaji karyawan pun ikut turun bahkan jumlah karyawan semakin dikurangi maka perusahaan yang memproduksi produk ini mengalami kerugian dan akhirnya bangkrut.

b. Ptoduk disebut leader product itu ada pada tahap kematangan atau maturity :
Contoh produknya :
- Minuman Aqua
- Sabun Lifebuoy
- Shampoo Sunsilk

c. Karena diversifikasi produk merupakan upaya yang dilakukan pengusaha/produsen/perusahaan untuk mengusahakan atau memasarkan beberapa produk yang sejenis dengan produk yang sudah dipasarkan sebelumnya , maka diversifikasi ini dilakukan guna adalah supaya para manajer dari perusahaan diversifikasi yang telah memiliki keahlian umum yang unik, dapat digunakan untuk mengembangkan strategi multi bisnis dan meningkatkan daya saing strategis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar